lintobaro
Loading...

Adu Ketangguhan Google Pixel vs Samsung Galaxy S7

Meskipun Galaxy Note 7 Gagal di invasi ke pasaran, Samsung masih bisa santai di tahun ini berkat Galaxy S7 sebagai smartphone terkece d...


Meskipun Galaxy Note 7 Gagal di invasi ke pasaran, Samsung masih bisa santai di tahun ini berkat Galaxy S7 sebagai smartphone terkece dan paling laris yaa?

Sementara itu, Google.. berharap untuk bisa menendang dan menempatkan smartphone bikinan mereka menapaki puncak penjualan terlaris tahun ini dengan mendatangkan smartphone Google Pixel.  Maka dari itu, dalam kesempatan ini kita akan mengulas tuntas perihal kedua perangkat tersebut mana yang lebih unggul.

Desain

Google Pixel : 143x70x8.6mm, 143g, USB Type-C  
Galaxy S7 : 142x70x7.9mm, 152g, sertifikasi IP68, port microUSB

Kedua perangkat ini tidak jauh berbeda dari segi dimensi Google Pixel sedikit lebih tebal. Namun saat digenggam masih sebanding, dan Google Pixel memiliki casing metal melengkung sementara Galaxy S7 berbodi glass and metal. Sehingga membuat Samsung Galaxy S7 semakin diinginkan dibanding dua seri pendatang baru Google Pixel yang sedikit polos, namun ada tambahan lapisan cermin di tempat kamera dan sensor sidik jari.

Galaxy S7 menang dari sisi ketangguhannya. Bersertifikasi IP68 : anti debu dan durasi perendaman dalam waktu yang lama.

Keduanya memiliki sensor sidik jari untuk keamanan dan digital payments yang terletak di belakang Google Pixel dan di tombol Home pada Galaxy S7.

Google sedikit lebih canggih dengan menematkan koneksi USB-C pada Pixel mereka dibanding dengan port microUSB pada Galaxy S7.

Tampilan

Google Pixel : resolusi 5 inc 1920 x 1080 piksel @441 ppi
Galaxy S7 : resolusi 5.1 inc 2560 x 1440 piksel @ 577ppi

Galaxy S7 berhasil menyenggol Google Pixel lewat keseksian layarnya. Yang memiliki panel Super AMOLED dan beresolusi tinggi qHD. Kita tidak mengerti mengapa Google memutuskan untuk membatasi Pixel ke Full HD.

Pixel memiliki satu keuntungan karena telah bersertifikat Daydream Ready, artinya perangkat tersebut mendukung platform VR baru Google. Kedua ponsel itu menawarkan perlindungan yang sama yaitu Gorilla Glass 4.

Sistem Operasi (OS)

Google Pixel : Nougat 7.1 Android
Galaxy S7 : Android 6.0 Marshmallow, TouchWiz

Jika ada satu hal yang bikin Google Pixel tangguh, itu adalah perangkat lunak. Anda dijamin pengalaman Android murni pada Google phone dengan OS instan upgrade. Hal ini juga saat ini handset hanya dengan Google asisten (berpikir itu seperti Siri bertenaga super) dan layar home Pixel Launcher.

Disamping AI-powered Allo dan Duo layanan, Google Pixel beroperasi dengan OS terbaru versi Android Nougat (7.1) sebagai debut fungsional baru split-screen, peningkatan pemberitahuan dan perbaikan keamanan juga baterai.

Galaxy S7 juga akan mendapatkan keuntungan dari dirilisnya OS Nougat nantinya, namun untuk saat ini masih menjalankan Marshmallow sebagai OS popular bagi vendor Samsung tersebut.

Perangkat Keras

Google Pixel : Snapdragon 821, quad-core 2 x 2,15 GHz dan 2 x 1.6 GHz, 4 GB RAM
Galaxy S7 : Samsung Exynos 8890, 4 x 2.3GHz Core, Core 4 x 1.6GHz, 4GB RAM

Galaxy S7 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820 di beberapa bagian. Pixel mengalami sedikit peningkatan pada ini dengan menggunakan Qualcomm Snapdragon 821, yang menawarkan kecepatan meningkat sebesar hingga 10 persen.

Galaxy S7 juga didukung oleh Samsung Exynos 8890 chip keluaran Amerika Serikat. Exynos mengambil keuntungan dari big.LITTLE heterogen multi-processing yang membuka semua core fisik untuk digunakan pada waktu yang sama. core lebih lambat digunakan untuk tugas-tugas kurang menuntut dan core lebih cepat beroperasi ketika kinerja maksimal diperlukan.

Kamera

Google Pixel : 12.3MP  belakang, f/2.0, 8MP  depan
Galaxy S7 : 12MP belakang, f/1.7, OIS, 5MP depan

Google telah membuat kehebohan mengenai kecakapan pengambilan gambar dengan Google Pixel. ,Namun hal tersebut tidaklah bisa menjatuhkan kualitas kamera Galaksi S7 yang luar biasa kakap dan jauh lebih baik.

Galaxy S7 menggunakan Dual-Pixel 12MP kamera dengan aperture lebar f/1.7 dan tambahan seperti LED flash, autofocus deteksi fase dan stabilisasi gambar optik. Google Pixel menstabilkan rekaman video, tetapi tidak memiliki full-blown OIS.

Baterai

Google Pixel : 2, 770mAh
Galaxy S7 : 3, 000mAh

Kedua perangkat tersebut memiliki fasilitas pengisian cepat, dalam kasus Google Pixel, dengan pengisian baterai selama 15 menit diklaim dapat memberikan 7 jam masa pakai baterai. Baterai Galaxy S7 sedikit lebih awet meskipun hanya dengan pengisian nirkabel.

Baterai Galaxy S7 sedikit lebih besar dalam hal kapasitas. Kami belum tahu apakah akan meningkatkan efisiensi yang ditawarkan oleh Snapdragon 821, tetapi Google bilang baterai perangkat Pixel bisa bertahan 13 jam untuk penggunaan WiFi/LTE dan 26 jam untuk dipakai Teleponan.

Penyimpanan

Google Pixel : 32GB / 128GB
Galaxy S7 : 32GB / 64GB, microSD hingga 256GB

Google Pixel menawarkan dua ekstrem dalam hal slot penyimpanan. Dalam pikiran kita, 32GB terlalu sedikit dan 128GB mungkin akan menyenangkan dan lebih banyak pembeli. Ada tidaknya perluasan slot penyimpanan, tapi Google menawarkan kapasitas slot penyimpanan unlimited secara online untuk foto dan konten video lho, sesuatu banget kan?

Dalam hal ruang penyimpanan untuk Galaxy S7, hanya 32 GB, tetapi ini dapat diperluas hingga 256 GB melalui microSD.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S7 tampaknya jauh lebih unggul, Jika kamera Google Pixel sangat mengesankan seperti yang telah diklaim mungkin bisa menggantikan gadget favorit kita saat ini. Dan tentu saja, usaha Google mengesankan lewat sistem operasi juga, dan kami cukup yakin bahwa Snapdragon 821 akan mengalahkan pendahulunya.
Slider 5845622531142511792

Post a Comment Blogger Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Home item

Facebook Like

Kotak Suara Kalian

Facebook Like

Total Pageviews