lintobaro
Loading...

7 Pemuda Paling Stand Out di Indonesia

1. Butet Manurung Wanita ini jadi pelopor pelaku pendidikan alternatif buat masyarakat terpencil di Indonesia. Tanpa ragu, ia blusukan ke...

1. Butet Manurung

Wanita ini jadi pelopor pelaku pendidikan alternatif buat masyarakat terpencil di Indonesia. Tanpa ragu, ia blusukan ke pedalaman dan ngebuat sekolah rintisan bernama ‘Sokola Rimba’. Dimulai tahun 2003, sekolah ini dibuat bagi masyarakat suku Kubu yang mendiami Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi. Pastinya, butuh tekad dan keyakinan yang kuat sekeras baja untuk meneguhkan hati tinggal di pedalaman dan mengajar di sana. Gimana coba kalau kamu, mau?

Saking inspirasionalnya, perjalanan wanita kelahiran Jakarta, 21 Februari, 1972, ini pernah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama dengan nama sekolah rintisannya. Selain itu, majalah TIME menobatkannya sebagai pahlawan dari Asia pada tahun 2004.



2. Sherly Hartono

Satu nama yang lagi banyak diobrolin dan mencuat yaitu Sherly Hartono. Desainer pakaian ini jadi viral ketika jaket bomber rancangannya dipakai Joe Jonas dari The Jonas Brothers. Bangga kan, ketika ada karya anak bangsa yang diakui dunia? Pertanyaannya, Apasih yang unik dari rancangannya ini? Ternyata jaket buatan Hartono dibumbui aksen nyeleneh ala Indonesia banget dengan gambar petai, mangkok mie ayam, botol saos, dan uang pecahan 50 ribu dan 100 ribu. Kreasinya ini telah menarik salah dua website situs online Amerika yaitu Opening Ceremony dan V Files yang juga jualan produk dari brand dunia kaya Calvin Klein dan Comme des Garcons.



3. Rio Haryanto

Siapa sangka balapan jet darat F1 tahun ini bakal diisi satu anak muda kebangsaan Indonesia bernama Rio Haryanto. Yup, pria kelahiran Solo itu bakal bersaing berebut podium bareng pembalap-pembalap top dunia lainnya di ajang bergengsi ini. Kalau boleh cerita sedikit, perjalanan Rio menuju F1 gak semudah yang dibayangkan loh. Ia benar-benar memulainya dari bawah, dimulai dari ajang Formula BMW Pasific, GP3, dan GP2, semua udah dilalui Rio dengan lika-liku dan tantangan yang berbeda. Naik turun podium, kemenangan, kekalahan, kekurangan dana, pokoknya lengkap deh! Dan berkat kegigihannya, Rio bisa ada di posisinya saat ini. Go, go, go, Rio, bawa Garuda Indonesia melesat terbang di angkasa.



4. Jemi Ngadiono

Nah, satu orang yang keinspirasi Butet Manurung ialah Jemi Ngadiono. Jemi yang pernah putus sekolah ini ngegagas gerakan 1000 guru yang dimulai di twitter dengan kicauan realita pendidikan Indonesia di berbagai pelosok daerah. Tau sendiri kan kondisi pendidikan kita? Miris! Gak Cuma berkicau di sosial media, ia juga beraksi dengan nyempetin mengajar di sekolah yang kekurangan guru. Singkat cerita, gagasannya ini dapet respon positif netizen, banyak orang tergugah dan ingin membangun pendidikan di daerahnya masing-masing. Kini gerakan 1000 guru telah meluas ke berbagai daerah di Indonesia, dan menjadi komunitas dengan banyak kegiatan. Salah satunya adalah memberikan beasiswa bagi guru honorer di pedalaman yang udah secara tulus mengabdi.



5. Tiza Mafira

Penggunaan kantong plastik secara masif membuat kegelisahan tersendiri buat Tiza Mafira. Tau sendiri kan kalau plastik itu susah banget diurainya, kalau kata penelitian sih butuh 100 tahun gitu buat satu plastik terurai. Kebayang kan kalau setiap harinya kita buang plastik dan gak terurai, bakal kaya gimana plastik-plastik itu numpuk. Nah, Tiza ini punya gagasan buat bikin gerakan diet kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari, intinya sih ngurangin pemakaian plastik. Awal kampanyenya dimulai di petisi online change.org, kini ia berhasil memikat banyak anak muda buat ikut gerakannya. Banyaknya anak muda yang terlibat membuat gerakan ini dikukuhkan sebagai komunitas bernama Indonesia Diet Kantong Plastik. Jangan cuma diet makanan, diet kantong plastik juga dong biar kelestarian alam kita terjaga.



6. Joey Alexander

Grammy Awards tahun ini menjadi super heboh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, telebih di Indonesia. Penyebabnya adalah bocah kelahiran Bali berumur 12 tahun bernama Joey Alexander, dia masuk dua nominasi penghargaan Grammy untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album. Wow! Anak 12 tahun, udah jadi pianis jazz, dan masuk nominasi Grammy, kurang hebat apalagi coba? Gak cuman itu, di hari penyelenggaraan Grammy Awards Joey tampil menunjukan kehebatannya langsung di hadapan musisi-musisi dunia, dan mendapat standing applause salah satunya dari Taylor Swift. Keren!



7. Albertheine Endah

Disamping rutinitasnya sebagai penulis, AE panggilan Albertheine Endah, ini ternyata konsisten memeperjuangkan hak-hak hidup binatang. Melalui organisasi pelindung satwa Jakarta Animal Aid Network (Jaan Indonesia) bentukannya, ia rutin turun langsung mengedukasi masyarakat sekaligus menyelamatkan dan mengevakuasi binatang-binatang yang terlantar dan diperlakukan semena-mena. Wah, mulia banget ya yang dilakukannya. Semoga kita juga bisa menyayangi sesama mahluk hidup ciptaan Tuhan ya!

Ini cuman sebagian kecilnya aja, diluar masih banyak banget pemuda-pemudi kaya gini yang enggak terekspos tapi mereka konsisten sama kegiatannya. Semoga mereka ini bisa jadi inspirasi buat kamu Seveners, dan kamu bisa #StandOut sama hal atau kegiatan yang lagi ditekuni saat ini.

Inspirasi 7424110182452607741

Post a Comment Blogger Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Home item

Facebook Like

Popular Posts

Kotak Suara Kalian

Facebook Like

Total Pageviews