lintobaro
Loading...

Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum melangkah ke Tahun Depan 2016

Wah, tak terasa, dalam hitungan hari, tahun 2015 akan meninggalkan kita. Sudah siap dengan trompet dan rencana-rencana pesta? Image vi...

Wah, tak terasa, dalam hitungan hari, tahun 2015 akan meninggalkan kita. Sudah siap dengan trompet dan rencana-rencana pesta?
Image via carapedia.com
Image via carapedia.com
Tapi kadang-kadang tahun sudah berganti, diri kita masih yang “lama”. Kamu juga pasti penasaran, tahun depan kamu akan seperti apa ya? Apakah masih single? Belum juga mapan secara finansial? atau karir mandek?
Jadi semua orang memang butuh resolusi bagi semua tantangan hidupnya. Sebelum menyusunnya dan menjadi orang yang lebih baik di tahun depan, masih ada waktu beberapa hari ke depan untuk merenungkan pertanyaan ini:
1. Tanyakan pada diri sendiri, apa sesungguhnya kelemahan kamu? Contoh: “Saya kurang disiplin”.
Tak bisa dipungkiri, kita semua mempunyai kelemahan. Oleh karenanya agar resolusi dapat berjalan dengan baik, maka carilah kelemahan tersebut beserta cara menghadapinya.
Gif via giphy.com
Gif via giphy.com
2. Pilih satu kata untuk menggambarkan tahun 2015 ini. Contoh: “Penuh kesulitan”.
Bagaimana tahun 2015-mu berlalu? Apakah baik, biasa saja, penuh tantangan atau menyedihkan? Pilihlah satu kata untuk menggambarkannya lalu renungkan kembali.

Image via galleryhip.com
3. Pilih satu kata untuk menggambarkan tahun 2016. Contoh: “Tahun Mendapatkan Pasangan.”
Setelah mendapatkan satu kata yang menggambarkan tahun 2016, selaraskan kembali dengan mimpi-mimpimu. Sehingga kamu memiliki harapan dan dengan harapan tersebut dapat menjadi dasar untuk menetapkan langkah apa yang harus ditempuh.
Image via www.newyearquoteswishes.com
Image via www.newyearquoteswishes.com
4. Membuat target jangka pendek selama tahun 2016. Contoh, “punya tabungan 5 juta rupiah”.
Harapan saja tidak cukup, saatnya menetapkan langkah-langkah relevan apa saja yang dapat mewujudkan apa yang kamu harapkan di tahun 2016 nanti. Memang ketika membuat revolusi, seringkali meremehkan dengan masih banyaknya waktu yang ada. Agar tidak menyesal, maka buatlah perencanaan jangka pendek yang bertahap, sehingga kamu dapat membuat progres dari resolusi yang dibuat.
Image via tripoto.com
Image via tripoto.com
5.  Menetapkan hal yang harus dihindarkan di tahun 2016. Contoh, “boros”.
Selama menjalani tahun 2015, adakalanya kamu menemukan dirimu melakukan kesia-siaan. Oleh karenanya, di tahun 2016 ini, ingatkan dirimu untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dengan mencatat dan menghindarinya.
Image via www.usnews.com
Image via www.usnews.com
6. Tuliskan penyesalanmu selama tahun 2015. Contoh, “kurang sosialisasi”.
Dalam proses berkehidupan, berbuat salah baik kecil atau besar dapat membuat kita menyesal, dan merutuki penyesalan itu tak ada gunanya. Oleh karenanya, tuliskan penyesalan itu dan ambil pelajaran dari yang membuat kamu menyesal tersebut. Ingat,waktu terus berjalan, dan jangan lagi sampai menyesal untuk kedua kalinya.
Gif via Giphy
Gif via Giphy
7. Tuliskan perubahan yang ingin kamu lakukan, jika waktu bisa diputar kembali. Contoh: “lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga”.
Bukan maksud untuk membuatmu terjebak dimasa lalu. Tapi berhubugan dengan tips sebelumnya, bahwa penyesalan datang karena terjadi lantaran “ada sesuatu yang tidak seharusnya terjadi”. Dengan berandai-andai tersebut, kamu bisa berandai-andai di masa depan dari hal yang kamu bisa ambil di masal lalu. Intinya, terus belajar lebih baik dari sebelumnya.

Image via theembryoman.com)
8. Cantumkan orang-orang yang ingin kamu bahagiakan. Contoh “orangtua”.
Ingatlah bahwa kita tidak hidup sendiri. Masih banyak orang-orang di sekeliling kita yang menyayangi dan mengasihi kita. Jadikanlah mereka sebagai landasan resolusimu, dengan ini akan membuatmu bertanggung jawab dan mengetahui arti berjuang yang sesungguhnya.
Gambar via via nepheshphotography.blogspot.com
Gambar via via nepheshphotography.blogspot.com
9. Dari skala 1-10, tentukan skala kebahagiaanmu di tahun 2016. Contoh, “10″.
Semakin tinggi angka skala kebahagiaanmu, maka buatlah resolusi yang membuatmu bahagia. Ingat, kerja keras memang perlu, tapi kamu layak untuk mendapatkan kebahagiaan atas hidupmu.

Gambar via 4.bp.blogspot.com
10. Dari skala 1-10, tentukan skala keberhasilan pada pekerjaan atau belajarmu di tahun 2015 ini. Contoh, “6″.
Ya, dengan mengetahui tingkat keberhasilan pada yang kamu lakukan di tahun 2015, maka pada resolusi tahun 2016 kamu dapat meningkatkan angka skalanya. Terus bergerak maju!

Image via www.resourcefreak.com
Dengan begitu, sekarang kamu bisa menetapkan resolusi tahun baru 2016 nanti. Contohnya di bawah ini:

Gambar via Kaskus
Gambar via Kaskus
Ini:
Gambar via Kaskus
Gambar via Kaskus
Atau ini:
Rajin Menabunggg!
Artikel 8283229002082792922

Post a Comment Blogger Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Home item